STANDAR ISI KTSP 2006
MATA PELAJARAN BIOLOGI SMA/MA
A. Latar Belakang
IPA (Ilmu
Pengetahuan Alam) berkaitan dengan cara mencari tahu (inquiry) tentang fenomena
alam secara sistematis, sehingga bukan hanya sebagai penguasaan kumpulan
pengetahuan yang berupa fakta, konsep-konsep, atau prinsip-prinsip saja. Akan
tetapi juga merupakan suatu proses penemuan. Pendidikan IPA termasuk biologi di
sekolah diharapkan dapat menjadi wahana bagi siswa untuk mempelajari diri
sendiri dan alam sekitar, serta prospek pengembangan lebih lanjut dalam
menerapkannya di kehidupan sehari-hari.
Pendidikan biologi menekankan pada
pemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi agar siswa
menjelajahi dan memahami alam sekitar secara ilmiah. Pendidikan biologi
diarahkan untuk mencari tahu dan berbuat sehingga dapat membantu siswa
memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang diri dan alam sekitarnya.
Biologi sebagai
salah satu cabang IPA menyediakan berbagai pengalaman belajar untuk memahami
konsep dan proses sains. Keterampilan proses ini meliputi ketrampilan:
mengamati, mengajukan hipotesis, menggunakan alat dan bahan secara baik dan
benar dengan selalu mempertimbangkan keamanan dan keselamatan kerja, mengajukan
pertanyaan, menggolongkan, menafsirkan data, mengkomunikasikan hasil temuan
baik secara lisan maupun tertulis, menggali dan memilah informasi faktual yang
relevan untuk menguji gagasan-gagasan atau memecahkan masalah sehari-hari.
Mata pelajaran
biologi dikembangkan melalui kemampuan berpikir analitis, induktif, dan
deduktif untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peristiwa alam
sekitar. Penyelesaian masalah yang bersifat kualitatif dan kuantitatif
dilakukan dengan menggunakan pemahaman dalam bidang matematika, fisika, kimia
dan pengetahuan pendukung lainnya.
B. Tujuan
Mata pelajaran biologi bertujuan agar peserta didik
memiliki kemampuan sebagai berikut:
1. Membentuk sikap positip terhadap
biologi dengan menyadari keteraturan dan keindahan alam serta mengagungkan
kebesaran Tuhan Yang Maha Esa.
2. Memupuk sikap ilmiah, yaitu: jujur,
obyektif, terbuka, ulet, kritis dan dapat bekerjasama dengan orang lain.
3. Mengembangkan pengalaman untuk dapat
mengajukan dan menguji hipotesis melalui percobaan, serta mengkomunikasikan
hasil percobaannya secara lisan dan tertulis.
4. Mengembangkan kemampuan berpikir
analitis, induktif, dan deduktif dengan menggunakan konsep dan prinsip biologi.
5. Mengembangkan penguasaan konsep,
prinsip dan saling keterkaitannya dengan ipa lainnya serta mengembangkan
pengetahuan, ketrampilan dan sikap percaya diri.
6. Menerapkan konsep dan prinsip
biologi untuk menghasilkan karya teknologi sederhana berkaitan dengan kebutuhan
manusia.
7. Meningkatkan kesadaran dan berperan
serta dalam menjaga kelestarian lingkungan.
C. Ruang Lingkup
Mata pelajaran
biologi di SMA/MA merupakan kelanjutan IPA di SMP/ MTS yang menekankan pada
fenomena alam dan penerapannya meliputi aspek-aspek sebagai berikut:
1. Hakekat biologi, keanekaragaman
hayati dan klasifikasi mahluk hidup, hubungan antar komponen ekosistem,
perubahan materi dan energi, peranan manusia dalam keseimbangan ekosistem.
2. Organisasi seluler, struktur
jaringan, struktur dan fungsi organ tumbuhan, hewan, dan manusia serta
penerapannya dalam konteks sains, lingkungan, teknologi dan masyarakat.
3. Proses yang terjadi pada tumbuhan,
metabolisme, hereditas, evolusi, bioteknologi dan implikasinya pada sains,
lingkungan, teknologi dan masyarakat.