Bayer Munchen Juara Liga Champions Eropa 2013

Bayern Munchen berhasil menjadi juara Liga Champions Eropa 2013 usai di partai final menaklukkan tim sesama negaranya yaitu Borussia Dortmund dengan skor tipis 2-1. Gol penentu kemenangan dibuat oleh Arjen Robben di menit ke 89.

Kedua tim mulai mengambil inisiatif serangan ketika peluit dibunyikan,  tapi Dortmund sedikit lebih agresif di menit-menit awal dengan langsung menekan  ke jantung pertahanan Bayern.

Lima belas menit pertama laga mejadi milik Dortmund setelah Sven Bender dari dalam kotak penalti coba mengarahkan bola ke tiang jauh tapi Neuer dengan sigap menangkap bola.

Bayern Munchen mendapat peluang pertama kalinya di menit 25 ketika umpan silang dari sayap kiri disambut sundulan Mario Mandzukic tapi Roman Weidenfeller masih bisa menepis bola.
Arjen Robben di menit ke 29 punya kesempatan mencetak gol setelah tinggal berhadapan dengan kiper Weidenfeller, tapi bola masih bisa dihadang oleh kiper Dortmund yang mengenai wajahnya dan hanya menghasilkan corner kick.

Bayer lebih banyak menguasai bola di Lima belas menit terakhir babak pertama, peluang pun lebih banyak terjadi untuk Munchen.

Peluit babak kedua, Bayern yang mencetak gol lebih dulu di menit ke 60. Diawali pergerakan Arjen Robben di sayap kiri mengecoh kiper Dortmund yang kemudian mengumpan bola ke depan gawang. Bek Marcel Schmelzer coba menghalau bola umpan Robben namun gagal dan Mandzukic dengan mudah menceploskan bola ke gawang Dortmund. Bayern unggul 1-0 atas Dortmund.

Dortmund menyamakan kedudukan di menit ke 69 lewat titik putih menyusul pelanggaran Dante kepada Reus. Geundogan yang maju sebagai eksekutor sukses mengecoh Neuer dan skor kini jadi 1-1.

Di menit ke 72 Nevan Subotic melakukan penyelamatan penting di depan garis gawang Dortmund dengan menghalau bola sepakan Thomas Mueller ke tiang jauh yang hampir saja disambar Arjen Robben.

Setelah Arjen Robben berkali-kali membuang peluang-peluang emas di laga ini akhirnya ia pun berhasil mencetak gol di menit ke 89 sekaligus membawa Bayern Munchen unggul 2-1 atas Dortmund.

Skor 2-1 bertahan hingga peluit akhir ditiup wasit dan Bayern Munchen keluar sebagai pemenang Liga Champions Eropa 2013!

Susunan Pemain:
Borussia Dortmund: Weidenfeller; Piszczek, Subotic, Hummels, Schmelzer; Bender (Sahin 89'), Gundogan; Blaszczykowski (Schieber 89'), Reus, Grosskreutz; Lewandowski.

Bayern Munich: Neuer, Lahm, Boateng, Dante, Alaba; Martinez, Schweinsteiger; Robben, Mueller, Ribery (Luiz Gustavo 90'); Mandzukic (Gomez 90').


Back to top