Dampak Negatif Facebook (FB)

Dampak negatif penggunaan facebook:

1. Membuat kita dibiasakan untuk mengeluh
Sebagai situs jejaring sosial memberikan lahan untuk kita berbagi rasa tentang masalah yang kita alami, namun dengan kurangnya kontrol dari kita menurut saya malah akan membiasakan diri kita Mengeluh, Curhat tanpa henti karena rasa ingin diperhatikan yang berlebihan.

2. Konsumsi waktu penggunaan facebook yang berlebihan
Dampak dari hal ini sendiri akan membuat aktifitas yang penting untuk kita terganggu dengan kebiasaan berlebihan kita menggunakan jejaring sosial ini, terutama untuk kalangan yang sedang menuntut ilmu.

Dengan hobi bermain facebook yang tidak terkontrol membuat kalangan ini menghabiskan waktunya dan memfokuskan pikirannya selalu tertuju ke facebook walaupun dia sedang belajar, itu juga merupakan pembodohan yang tidak terasa bagi kita. banya orang yang menghabiskan waktu lebih dari 700 miliar menit per bulan di Facebook. Bisa anda lihat disini www.facebook.com/press/info.php.

3. Hilangnya privasi atau hal yang pribadi
Menyinggung masalah privasi banyak masalah yang terjadi dalam pembahasan ini, kalaupun anda dapat menjaga privasi anda namun anda tidak bisa mengendalikan apa yang akan terjadi dari akun orang lain dalam memanfaatkan ke privasiannya.

Efek negatif lainnya dengan kebebasan kita membuat akun sebanyak yang di mau yang bisa disalahgunakan oleh orang lain baik berupa ancaman, penghinaan, juga penipuaan.
4. Kebebasan interaksi membuat pasangan kita cemburu
Ini juga bisa jadi yang anda rasakan saat menggunakan facebook jika pasanganmu juga memnpunyai akun di jejaring sosial ini.

Kebebasan interaksi membuat siapa saja yang mengenal ataupun tidak mengenal kita bebas berinteraksi dengan kita ataupun dengan pasangan kita, tentu saja itu bisa membuat rasa cemburu terjadi karena kita tidak bisa mengendalikan seseorang yang berinteraksi di facebook ini.

Dari yang saya baca dari vivanews menurut Tim peneliti dari University of Guelph, Kanada, menemukan bahwa penggunaan facebook meningkatkan rasa cemburu pasangan. Mereka menemukan bahwa makin sering seseorang menghabiskan waktu untuk online pada situs jejaring sosial dan melihat pasangannya, maka tingkat kecurigaannya sangat tinggi.

5. Kecanduan bermain facebook
Dengan kemajuan teknologi dan gadget-gadget yang ada memungkinkan kita bisa membuka jejaring ini kapan saja, bahkan di saat seharusnya kita memprioritaskan yang seharusnya kita prioritaskan atau diutamakan terlebih dahulu, contoh kasusnya adalah bagi kita yang sedang menuntut ilmu saking asiknya membuka facebook kita lupa dengan tujuan kita semula untuk menuntut ilmu.

Ataupun bagi anda yang sedang bekerja, pekerjaan anda tidak 100% selesai tepat waktu karena keisengan anda sering membuka dan menghabiskan banyak waktu di facebook. 

6. Efek negatif untuk kesehatan
Tentu saja dengan yang mungkin anda rasakan ketika keseringan bermain facebook saat malam hari membuat anda kekurangan waktu untuk tidur yang sehat membuat penyakit lainnya berdatangan dalam diri anda.

Dan dari apa yang saya baca di vivanews dalam British Medical Journal menemukan bahwa situs jejaring sosial dan permainan komputer, merupakan pemicu penyakit seperti kekurangan vitamin D yang akibatnya bisa membuat tulang mudah rapuh.


Back to top