Banyaknya peluang usaha baru di indonesia, ternyata tidak hanya menuntut kreativitas dari para pengusaha untuk terus bisa berkreasi.
Tetapi juga mengharuskan sebagian besar dari mereka untuk mulai menyusun beberapa strategi bisnis yang ampuh.
Banyaknya persaingan dan munculnya pemain baru, membuat sebagian besar pelaku usaha di indonesia harus siap bersaing dengan pelaku
usaha lainnya untuk mempertahankan bisnisnya.
Berikut strategi bisnis yang wajib dimiliki seorang pengusaha:
1.
Mulailah dari lingkungan Anda.
Tidak jarang para pemula bersikap
terlalu berlebihan dalam mencari sebuah ide bisnis. Mereka sering
menginginkan bisnis yang bonefit, menghasilkan banyak keuntungan, namun
tidak membutuhkan modal besar. Padahal, untuk menciptakan peluang
bisnis yang potensial Anda bisa memulainya dari hal-hal sederhana yang
ada di sekitar kita.
2.
Berani berpikir kreatif dan segera mulai melangkah.
Modal utama yang
perlu dimiliki seorang entrepreneur sukses adalah berani berpikir
kreatif dan mewujudkan ide-ide gila yang telah mereka ciptakan. Modal
kreatif saja ternyata tidaklah cukup. Sebagai seorang pengusaha,
tentunya Anda dituntut untuk segera mulai melangkah dan menemukan cara
paling efektif untuk segera mewujudkan mimpi-mimpi besar yang telah
dicita-citakan.
3.
Manfaatkan teknologi untuk menjangkau pasar yang lebih luas.
Bila
sebelumnya Anda belum memanfaatkan pasar online untuk memasarkan produk
Anda, maka tidak ada salahnya bila mulai sekarang Anda mengoptimalkan
penggunaan situs jejaring sosial seperti facebook, twitter, blog,
website, dan lain sebagainya untuk mengurangi besarnya biaya iklan
offline yang semakin tinggi serta menjangkau calon konsumen di berbagai
belahan dunia.
4.
Tetapkan biaya produksi yang proposional.
Sebagai seorang pelaku
usaha, tentunya Anda harus lebih jeli dalam menganggarkan biaya
pengeluaran dan menyiapkan strategi pemasaran jitu untuk bisa
mendatangkan penghasilan yang maksimal. Sebisa mungkin tekan biaya
produksi agar harga jual yang Anda tawarkan kepada konsumen bisa
terjangkau, dan keuntungan yang didapatkan semakin hari berlipat-lipat.
5.
Siap menghadapi berbagai resiko.
Ketika menjalankan sebuah usaha,
hadirnya sebuah hambatan, tantangan, maupun berbagai kendala yang muncul
di tengah perjalanan usaha, menjadi salah satu resiko yang harus
dihadapi para pelakunya.
Karenanya, untuk menghadapi resiko tersebut,
pastikan bahwa semua perencanaan bisnis Anda sudah dipersiapkan dengan matang agar munculnya sebuah resiko bisa diminimalisir sekecil mungkin.
6.
Tumbuhkan bakat berwirausaha.
Setiap orang bisa menjadi pengusaha
sukses apabila mereka mau dan mampu menumbuhkan bakat wirausaha yang ada
dalam diri mereka.
Berbekal niat, semangat, dan tekad yang cukup
kuat, setiap orang bisa mendapatkan ilmu dan ketrampilan khusus
tentang wirausaha melalui buku-buku atau majalah bisnis yang beredar
di pasaran, mengakses informasi dari media internet, maupun bergaul
dengan para pengusaha sukses yang bisa memotivasi diri Anda untuk terus maju dan merintis sebuah usaha.
7. Terus kembangkan brand.
Terus hidupkan brand bisnis
Anda dan jagalah reputasinya agar semakin dikenal banyak orang dan
disukai para pelanggan. Untuk menjalankan strategi tersebut, Anda bisa
melengkapi profil perusahaan Anda dengan sejarah singkat mengenai
pendirian usaha maupun kisah dibalik pembuatan produk unggulan yang
menjadi brand utama bisnis Anda.